Social Icons

Pages

Friday, February 1, 2013

Ayo Fokus, Jangan Mendua !


“Biasanya yang mendua tidak akan mendapatkan satu hal pun”, sebuah quote yang mungkin sudah sangat sering kita dengar.

Larangan mendua ternyata tidak hanya berlaku dalam  suatu hubungan tapi juga dalam mengerjakan sebuah pekerjaan tidak boleh  yang namanya selingkuh atau mendua. Hehehe

Maksud hati mau mengerjakan banyak hal dan ingin menyelesaikan semua pekerjaan. Tetapi setelah habis batas waktu yang ditentukan ehh malah hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jangankan akan selesai 2 pekerjaan, 1 pekerjaan pun jadinya malah tidak maksimal. Mungkin begitulah hasilnya kalau kita mendua atau tidak fokus dalam menngerjakan suatu pekerjaan.

Mungkin sebagian orang dikaruniai kemampuan multitasking, tetapi biar bagaimana pun ternyata fokus itu lebih baik dari pada semuamuanya mau dikerjakan. Boleh beralih mengerjakan pekerjaan yang lain jika telah selesai mengerjakan pekerjaaan yang satu.

Seperti yang diajarkan dalam surat Alam Nasyroh ayat 7-8

فارغب ربك وإلى . فانصب فرغت فإذا  

“Maka Apabila kamu telah selesai mengerjakan suatu pekerjaan bersiap-siaplah menuju pekerjaan yang selanjutnya. Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap”

Jangan berpindah kepada pekerjaan yang kedua sebelum menyelesaikan pekerjaan yang pertama. Bersungguh-sungguhlah mengerjakan 1 pekerjaan, baru setelah selesei, bersegeralah mengerjakan pekerjaan yang selanjutnya

Jangan sampai melakukan pekerjaan pertama tapi kita fokus ke pekerjaan ke dua, sehingga energi kita akan terpecah dan hasilnya pun pasti  tidak akan optimal.

Waktu sholat, fokuslah hanya pada gerakan dan bacaan sholat,  ingat hanya kepada Allah. Jangan sampai waktu sholat fokusnya ke pekerjaan rumah. Juga waktu melakukan pekerjaan rumah fokuslah hanya di pekerjaan rumah jangan mikirin si dia atau yang lain-lain. Nanti hasilnya tidak akan bagus. Juga waktu mikirin dia juga harus fokus jangan mikirin dia yang lain lagi...  Hehehe  *becanda :-)

Ketidakfokusan seperti  inilah yang menyebabakan kita kehilangan kekuatan dalam hidup ini. Ibarat dalam sholat tidak akan khusuk dan tuma'ninah. Padahal dalam sholat tuma'ninah merupakan rukun sholat. Setiap gerakan dan bacaan yang  tidak dilaksanakan dengan tuma'ninah maka akan percuma saja sholat kita.

Nahh, bagaimana caranya agar bisa fokus??? Berikut tips yang saya dapatkan dari ceramah motivasi, M. Syarif. Beliau menyampaikan ada 4 TIPS untuk menjadi orang yang fokus yaitu F-O-C-S!

Apa itu F-O-C-S???

Yang pertama adalah F-ind Out The Inner Potential  - Temukan potensi yang ada di dalam diri. Be your self! Jangan jadi orang lain.

Yang kedua, O-bey Your Deep Heart Feeling  - Taati dan patuhi hati nurani kita. Jangan mengikuti kebanyakan orang , karena hati nurani akan mengantarkan kita kepada kebenaran

Yang ketiga adalah C-oncentrate In One Direction – Berkonsentrasilah  pada satu titik, jangan sambil mengerjakan 1 pekerjaaan dengan mengerjakan yang lain.

Yang Ke empat, dan terakhir S-ervis Minded - Berusahalah jadi  pelayan yang baik kepada siapa pun. 

Dengan berusaha melayani, menolong dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang, maka insyaallah tangan Allah lah yang akan datang dan menolong dalam setiap masalah dan kesulitan hidup kita

Ya Allah hanya kepada-Mulah kami menyembah dan hanya kepada-Mulah kami memohon pertolongan . . .

Sekian

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter