Social Icons

Pages

Wednesday, October 24, 2012

Plan of The Day


Apakah rencana temen-temen hari ini? Sudahkah menyusun atau membuat pod? Apa itu pod, atau plan of the day??? 

Plan of the day adalah rencana kegiatan atau aktivitas yang akan kita kerjakan pada hari itu ditulis dalam suatu catatan khusus. Ahh, buat apa sih bikin pod? Kali aja ada yang nanya. Begini, didalam kehidupan kita tentunya kita punya misi hidup, punya impian yang akan kita capai, makanya aktivitas keseharian kita haruslah mencerminkan langkah hidup yang merupakan bagian untuk menuju misi atau impian hidup yang mau kita capai tersebut, sesuai dengan peran yang kita jalankan.

Heee, bingung ya??? Baguss?!  Itu artinya kita masih punya akal dan pikiran. Seperti kata pepatah, “Habis bingung, terbitlah lapar!  “ Hehehe....  Sabar , nanti saya jelaskan satu-satu.

Sebagai manusia normal, kita tentunya kita menginginkan hidup kita sukses. Tidak ada seorang pun yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya bukan? Bagaimana caranya? Ya harus berusaha! Kata pepatah, “Tak akan ada sukses tanpa pengorbanan dan usaha.”     
Rightt???

Sebelum saya nanya lebih jauh. Sudahkah temen-temen punya misi hidup? Sudahkah temen2 punya impian-impian yang hendak dicapai? 
Saya harap sih sudah, meskipun kebanyakan orang kalau di tanya,

“ Nanti Pengen jadi apa?” jawabnya  “Mau jadi orang sukses!”

Nah, sukses yang seperti apa? Di bidang apa? Dengan penghasilan berapa? Tabungan berapa? Keluarga bagaimana? Ahh, masih belum jelas.

Coba aja pergi ke travel, kan ditanya sama petugasnya.

“Mau pergi ke mana mas/mba?”   “Eh, anu mba, mau kemana aja deh, asal bisa bahagia.”

Ehh, mungkinkah petugasnya mau  kasih tiket?  Yang ada disangkain orang gila. Hehe...
Lain halnya kalau di tanya

“Mas, mau pergi ke mana?”  “Sy mau pergi ke kota ini, hari ini, tanggal sekian, jam sekian, maskapai ini, biaya segini....”

Yaaa, Kalau ini sy yakin langsung deh kita dikasih tiket sama travelnya. Kalau gak dikasih yaa mungkin ini travelnya yang gila.. hee..*becanda. Tujuannya jelaasss.

Nah, untuk   pergi ke suatu tempat aja kita buat planning atau rencana yang jelas. Masa buat hidup kita, kita gak buat rencana??? Kannnn?? Makin bagus rencana atau planning kita, makin bagus pula dan semakin dekatlah kita dengan tujuan kita tersebut.  Apalagi kalau di tuliskan biar tertanam deh di pikiran bawah sadar rencana dan impian-impian kita itu. Bisa rencana tahunan, bulanan, pekanan dan juga harian.
Siaaapp???! :D

Yang pertama mulai dulu dari misi. Karena untuk managemen waktu (buat pod), misi inilah yang kita jadikan dasar. Mengapa? Sebab misi menjawab pertanyaan yang paling mendasar dari keberadaan kita? Siapa kita? Dan apa maksud keberadaan kita di dunia ini? Setiap orang mungkin akan punya misi yang berbeda-beda. Apapun jawabannya, itu akan mencerminkan misi dan kehidupan kita kesehariannya.

Dalam sebuah buku yang sangat bagus hadiah dari salah seorang sahabat terbaik saya,  “Breaking The Time”, tulisan Satria hadi Lubis, di situ  diterangkan 

"Misi hidup itu haruslah positif. Misi hidup perlu mencakup jawaban dari enam pertanyaan; siapa kita, mengapa kita ada, Apa keunggulan kita, untuk siapa kita bekerja, apa produk/hasil kerja kita, dan di mana kita mengerjakannya."


Contoh aja deh buat temen2, nih misi saya,

“Saya adalah seorang hamba Allah yang selalu  belajar, aktif, visioner, dan berusaha untuk berbuat baik kepada sesama untuk  menjadi sebaik-baik manusia yaitu manusia yang bermanfaat bagi orang lain di mana pun saya berada”
.
Seperti itulah kurang lebih misi hidup saya, kesehariannya saya berusaha untuk seperti itu. Dengan visi atau impian hidup pada tahun ini, bikin ini, nanti tahun ini begini,  target ini dan ini. Begituuu.  Yaaa, tentunya dengan menjalankan berbagai peran yang saya jalani dan harus proporsional. Seperti peran sebagai seorang anak, anggota keluarga, sebagai mahasiswa, sebagai pegawai yang sekaligus sebagai warga masyarakat, sebagai hamba Allah dan sebagainya. Semakin banyak peran yang kita jalani, kita akan semakin perlu keahlian untuk managemen waktunya. Biar bisa selaras dan seimbang.

Dalam buku yang sama, “Breaking The Time”, recomended bagi aktifis organisasi, mahasiswa, atau pekerja yang menjalankan berbagi peran yang ingin belajar management waktu dan meraih kesuksesan hidup, beli buku ini, *udah kaya iklan aja, hehe

Salah satu bagian dalam buku tipis yang cuma 126 halaman itu dijelaskan :

“Keahlian atau keterampilan mengatur waktu (time management) lebih utama untuk dipelajari daripada keterampilan di bidang komputer, arsitektur, kedokteran, ekonomi, dan sebagainya. Sebab, jika keterampilan sektoral hanya mengelola satu aspek dari kehidupan manusia yang kompleks, keterampilan manajemen waktu justru mengelola seluruh aspek kehidupan manusia.”

Selanjutnya bagaimana menyusun pod?, bagusnya pod atau rencana harian itu kita susun pada malam hari, atau pagi hari sebelum beraktivitas. Yang akan saya kerjakan hari ini nanti, ini, nyusun ini, presentasi ini, bicara ke ini, hal ini. Tulis aja sedetail mungkin pokoknya. Terus tulis juga waktunya kapan akan diselesaikan. Susun juga prioritas mana yang harus di dahulukan. Kalau masih ada waktu kosong, biarkan aja supaya kita siap kalau ada aktivitas dadakan. Kalau sudah, jangan lupa lakukan evaluasi, mana yang berhasil dan mana yang luput setiap harinya, bersamaan waktu buat pod di hari berikutnya. Biar yang belum terlaksana bisa kita rencanakan besok lagi.

Luangkan saja paling 10 menit,  untuk membuat pod atau aktivitas harian ini, supaya setiap harinya yang kita kerjakan jelas dan sesuai dengan apa misi dan impian hidup kita.

Akhirnya, berdoalah kepada-Nya, semoga diberikan kemudahan untuk melasanakan aktivitas kesehariannya dan impian-impian yang kita inginkan bisa tercapai.

Semoga bermanfaat,
Salam.



inspired by my favorite lecturer


Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter