Social Icons

Pages

Sunday, October 28, 2012

Semangat Jiwa Muda !


Apa kabar sobat muda semua??? Hari ini tepat peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 84. Gak nyangka ya, sudah hampir mau satu abad. Kalau di ukur dengan umur manusia. Harusnya sebuah bangsa yang sudah berumur matang seperti itu, idealnya sudah menikmati masa tua dan tinggal kongkow kongkow aja menikmati hasil pembangunan yang sudah digalakkan selama bertahun-tahun ini. Namun apakah realita yang terjadi sekarang?? Nampaknya seperti kata pepatah,  Jauh panggang dari pada api.” 

Apakah yang salah dengan bangsa ini???
Apakah manusianya? Apakah Sumber daya alamnya?Apa budaya bangsanya? Atau apakah bangsa ini sendiri  yang menginginkan seperti ini? Entahlah...

Padahal kalau kita tengok lagi, pertama manusianya dulu. Apa yang kurang dari manusia negeri ini? Dengan lebih 200 juta manusia dengan berbagai suku yang tersebar di berbagai tempat dengan segala kemampuan profesi dan kelebihan. Kita tau, diberbagai olimpiade internasional, mau olimpiade fisika, matematika, astronomi, dan masih banyak lagi bangsa ini hampir selalu mengirimkan wakil dan menjadi langganan emas. Apakah bangsa ini kurang cerdas. Ahh, saya rasa tidak! Bahkan ribuan bahkan jutaan sarjana, pasca sarjana, bahkan doktor,  sampai profesor yang ahli di berbagai bidang, arsitek, sipil, mesin, pertambangan, geologi, dan lainnya telah dilahirkan diberbagai universitas di dalam dan bahkan di luar negeri setiap tahunnya. Mustahil kalau mereka itu tidak cerdas dan tidak punya kemampuan!

Apakah yang salah dengan bangsa ini???

Sekarang kita coba tengok sumber daya alamnya. Siapa yang tidak tau dengan bangsa yang punya lebih dari 17 ribu pulau, yang merupakan jajaran kepulauan terbesar di dunia yang letaknya sangat strategis di persimpangan  dagang emas dunia. Dengan wilayah maritim juga terbesar di dunia, yang sebagian besar wilayah adalah lautan dengan berbagai kekayaan di bawahnya. Berbagai hasil perikanan dan terumbu karang yang katanya terbesar (20%) populasi dunia terdapat di sini. Memiliki hutan bakau yang terbesar di dunia. Belum lagi daratan yang menyimpan berbagai mineral, bahan tambang, logam mulia yang bernilai tak terhingga. Negara penghasil timah terbesar di dunia. Penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia. Memiliki salah satu tambang emas terbesar di dunia. Dan masih banyak hasil tambang yang dihasilkan dari dalam bumi yang dimiliki bangsa ini. Mempunyai wilayah hutan terluas dan terbesar dan merupakan paru-paru dunia. Memiliki taman nasional terluas di dunia. Potensi kayu, perkebunan, dengan berbagai macam flora dan fauna di dalamnya. Negara pengasil pala dan cengkeh terbesar yang sangat terkenal di dunia sehingga sangat diburu oleh penjajah dulunya. Penghasil karet terbesar kedua di dunia. Pengekspor kayu lapis terbesar di dunia. Penghasil sawit terbesar dan ahhhh masih banyaaak lagi hasil sumber daya alam dari permukaan maupun di dalam bumi bangsa ini.

Apakah negeri ini kekurangan sumber daya. Ahh, sy rasa tidak! Negeri ini bahkan sangat sangat kaya akan sumber daya alam.

Apakah yang salah dengan bangsa ini??

Kita tengok lagi budaya dan manusia. Bangsa yang punya suku terbanyak di dunia dengan lebih dari seribu suku bangsa. tiap suku memiliki bahasa, adat istiadat, dan budaya memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Masyarakat bangsa ini pun dikenal sebagai bangsa yang dikenal sangat ramah, dengan menjunjung prinsip kebersaman, gotong royong yang menjadi sebuah tradisi yang sampai sekarang masih terjaga. Menghormati perbedaan, pluralisme. Dan sangat rukun berdemokrasi, dengan 5 agama besar dan berbagai aliran kepercayaan yang tak terhitung jumlahnya.

Bangsa yang juga merupakan negara Muslim terbesar di dunia dengan populasi penduduk muslim 88%  dari penduduknya. Negara dengan asal jamaah haji juga terbesar dan terbanyak di dunia.

Apa yang kurang dari bangsa inii???

Melihat berbagai fakta-fakta seperti di atas yang tak terbantahkan, harusnya dan sudah semestinyalah bangsa ini menjadi negara yang sangat-sangat maju, sangat makmur dan menjadi negara adidaya di dunia.

Lalu apakah yang terjadi sekarang ini???

Apakah yang salah dari bangsa inii???

Sedikit beralih dan coba kita tengok negara yang tidak usah jauh-jauh, negara yang luas wilayahnya tidak ada apa-apannya dengan negara ini. Negara yang dulunya masuk kedalam wilayah nusantara yaitu di bawah kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Negara yang kemerdekaanya juga diberi oleh kerajaan Inggris dan  menjadi  negara persemakmurannya. Apabila dibandingkan sungguh kekayaan alam dan potensi yang ada sangat-sangat jauh dari bangsa ini, seujung kuku pun tidak ada, karena memang gak bisa dibandingkan karena jauhnya. Namun hanya dengan mengandalakan satu potensi yang dia punya, dengan manajemen yang bagus, dan dia sadari itu, dengan visi master plan  yang telah di canangkan oleh pendirinya dengan sangat-sangat matang. Negara kecil yang menjadikan pelabuhan sebagi tulang  punggungnya ini pun menjelma sebagai negara  yang sangat sangat maju. Berada di palang pintu masuk perdagangan dari  Eropa dan Afrika menuju Asia, dan China mau tidak mau harus singgah di negara kecil ini.

Negara yang luasnya tidak lebih luas dari pulau bali ini bisa mengatur harga perdagangan dunia. menjadi tempat transit para pelaku bisnis dunia, sebagai pusat bisnis internasional dan pelabuhan bebas yang sangat komersial dan menjadi pelabuhan paling sibuk di dunia. Iya, Singapura, negara yang sekarang kita kenal sangat maju, sangat makmur, teratur, bersih, bisa dibilang mendekati sempurna.

Apakah kita akan menjadi penonton dari kesuksesan   negara lain dan kita cuma bisa bilang, Wou hebat!!!” . Apakah kita mau terus seperti ini??? Kita mengaku sebagai pemuda bangsa ini bukan??? Bukan kah “ Cerminan majunya suatu negara itu tergantung pemudanya.”
Ahh, jangnkan memikirkan bangsa, memikirkan diri sendiri saja masih berat!
Hoouhhhhhh....

Padahal kalau kita belajar dari negara Singapura yang telah diutarakan tadi diatas. Kemajuan suatu bangsa itu tergantung dari bangsa itu sendiri. Bukan karena mampu atau tidak? Tetapi mau atau tidak untuk maju?

Apa itu bangsa? Masyarakat yang tinggal di suatu negara itu bangsa. Nah apa itu masyarakat? Setiap orang yang tinggal dan bersosialisasi di dalam suatu wilayah itu. Nah, kita tinggal ia, bersosialisasi  ia, berorganisasi ia, nah makanya kita tidak lain dan tidak bukan merupakan bagian dari bangsa ini dan ikut berkontribusi secara langsung terhadap bangsa ini. Dengan kata lain, kemajuan bangsa ini tergantung dari kita, pemuda. Mau kemana negara ini mau di bawa tergantung kita. Belajar dari kesuksesan negara tetangga, ternyata bukan banyaknya potensi atau kelebihan kuncinya. Tetapi adalah manajemen bagaimana mengolah dan memanage kelebihan yang kita punya dengan sebaik-baiknya. Tentunya dengan kemampuan leadhership, entrepreneurship, management dan pandangan hidup yang visioner jauh ke depan. 

Bukan tidak mungkin dan saya percaya bangsa dan negara ini akan menjadi super power kekuatan dunia kalau kita bisa benahi dari sekarang.
Sekarang kita lihat negara yang perekonomiannya  tumbuh sangat pesat. China, gak bisa di sangkal lagi produknya sampai mendunia, India juga, dan setelah itu negara kita ternyata menempati urutan ketiga.

Kalau mulai hari ini kita pemuda bisa menjadi inspirator bagi orang-orang sekitar kita, minimal keluarga dan sekeliling di mana kita berada, entah itu kantor, tempat kuliah, dan di mana pun. Kita bisa menularkan semangat juang perubahan untuk lebih baik, bukan tidak mungkin, apabila kita semua seperti itu akan membawa dampak perubahan yang luar biasa bagi bangsa kita.

Mulailah dari sekarang, kalau jadi pelajar belajarlah sungguh-sungguh!, kalau jadi pekerja jadilah pekerja yang berdaya maju! Mari semangat berkarya untuk kemajuan bangsa! Jangan hanya jadi pengeluh dan penonton yang hanya bisa melongo melihat kesuksesan orang lain!
Insyaallah perubahan menuju kehidupan yang gemilang ada di depan mata kita!!

Semangat jiwa muda!
Salam!

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter