Social Icons

Pages

Friday, October 26, 2012

Semangat Kurban !

Apa kabar temen-temen semua??? Di hari yang mulia, Hari Raya Kurban ini, Pastinya kita semua harus bersuka ria dan berbahagia. Sepakat??! :D

Mungkin bagi temen-temen yang tidak bisa merayakan hari raya Idul Adha di kampung halaman, karena kuliah atau kewajiban melaksanakan tugas di perantauan, tidaklah perlu risau. Allah selalu bersama orang-orang yang bersabar. Rigghtt??

Mau di mana pun dan kapan pun harus selalu tetap semangat dan jangan sampai galau. Kambing di sebelah, yang nanti mau di potong aja gak galau. Masa kita galau teruss?! Hehehe *becanda

Baiklah kesempatan ini saya mau membahas hikmah  berkurban. Beberapa waktu yang lalu, saya juga pernah membahas amalan-amalan di bulan Dzulhijah yang salah satu yang paling utama adalah ibadah qurban. Bagi yang belum baca silakan buka di sini -->> Amalan di Bulan Dzulhijah

Salah satu  hikmah dari berkurban yang pertama adalah menghidupkan sunah Nabi Ibrahim yang dalam mimpinya diperintahkan Allah untuk menyembelih puteranya, Nabi Ismail. Tidak bisa kita bayangkan bagaimana pengorbanan dan keikhlasan seorang Ibrahim. Selama bertahun-tahun berdoa, berharap kepada Allah SWT untuk dikaruniai  seorang anak. Kemudian Allah kabulkan dengan lahirnya nabi Ismail, anak yang sangat sholeh dan sangat berbakti. Alangkah bahagianya Nabi Ibrahim kala itu. Sampai suatu ketika sampailah kepada mimpi itu, di mana mimpi seorang nabi tentu adalah benar adanya.. Dan dengan penuh kerelaan dan keikhlasan, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih putera tercintanya Nabi Ismail.

Sungguh begitu taat dan begitu patuhnya nabi Ibrahim melaksanakan perintah-Mu

Coba kita berkaca ke diri kita.

Ohh, apakah yang telah sy korbankan untuk mu ya Rabbi ?

Melaksanakan kewajiban-Mu saja masih berat rasa-Nya.

Padahal nikmat yang Engkau berikan sungguh begitu banyak.

Untuk taat dan melaksanakan ibadah sebagai wujud rasa syukur saja kami lebih banyak mengeluh

Ehh, membeli pulsa dan jalan-jalan ratusan ribu kami sanggup

Tetapi untuk sedekah kami pakai sisa-sisa uang kami.

Padahal engkau tekah menjanjikan balasan berlipat bagi yang bersedekah dan berjuang di jalan-MU.  

Ehh, memakai gadget serba canggih  harga jutaan, kami mampu

Untuk berkorban kambing yang harganya tidak sampai 2 juta aja, mahal bilangnya.

Padahal Rasulullah telah mengajarkan 

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih) hewan qurban. ( HR. Ibn Majah dan Tirmidzi ).

Ampuni kami Ya Ghaffur. . .

Pantaslah kenapa Engkau belum memberikan yang terbaik bagi kami,  karena kami pun ternyata belum memberikan yang terbaik kepada-MU

***********************
Oke deh, cukup merenungnya. . . 

Lanjut lagi pada hikmah berkurban selanjutnya yaitu kurban membawa misi sosial. Sebagai wujud solidaritas dari orang yang mempunyai kemampuan lebih dalam hal materi kepada orang yang kurang mampu  atau kepada kaum dhuafa yang membutuhkan pertolongan. Selain  memupuk persatuan di kalangan umat, dengan berkurban akan menumbuhkan rasa kepekaan sosial yang tinggi, untuk selalu mendermakan sebagian rezeki kepada yang berhak menerima.

Sungguh agung ajaran Islam yang telah mengatur kehidupan dunia dari yang kecil sampai urusan besar, dari yang sepele sampai urusan jihad, tata negara dan pemerintahan pun di atur oleh-Nya.

Semoga dengan memahami hikmah dari berkurban ini, tidak hanya kita artikan bahwa berkorban adalah dengan menyembelih (mengucurkan darah)  hewan kurban. Tetapi banyak sekali pelajaran atau hikmah dari berkurban yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan kita.

Bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan pengorbanan

Bahwa tidak ada prestasi yang instan, selain harus berjuang dengan pengorbanan waktu untuk belajar

Bahwa tidak akan ada jodoh terbaik, selain pengorbanan untuk memantaskan diri

Bahwa tidak akan punya banyak teman, selain pengorbanan untuk banyak silaturahim

Bahwa tidak akan ilmu yang di dapat, selain pengorbanan untuk berguru dan membaca

Bahwa tidak akan ada harta yang berkah, tanpa pengorbanan untuk keikhlasan bersedekah

Bahwa tidak akan kemuliaan dan ketenangan hidup, tanpa pengorbanan menjaga hati untuk selalu ingat kepada-Nya

Semua butuh pengorbanan.

Mari Semangat Berkurban!
  



Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter