Social Icons

Pages

Friday, October 19, 2012

Kenapa Harus Menulis ... ???

Pernahkah teman-teman menulis??? jawabannnya pasti pernah. Minimal itu  nulis catetan, nulis sms, atau nulis status di fb atau twitter kan, gapapa. #yangpentingnulis  hehe 

Sebelumnya saya juga seperti itu. Tetapi setelah baca banyak buku dan berbagai referensi, sy jadi tersadar akan pentingnya suatu keterampilan menulis. Menuangkan apa yang ada di pikiran entah itu ide, gagasan atau pendapat tentang suatu hal kemudian dituangkan dalam bentuk kata yang tersusun  menjadi suatu kalimat yang bermakna sehingga bisa di baca dan diperoleh suatu informasi yang bermanfaat. Ya awalnya saya mulai saja dari blog ini dulu. Semoga nanti kesampaian impian untuk menulis dan menerbitkan sebuah buku. Amiinnn....

Nahh di sini saya mau sharing kenapa sih manusia itu harus menulis? Apa manfaat menulis...?

Bagi temen2 pelajar atau mahasiswa sudah jadi pekerjaan harian kali ya yang namanya menulis, ya kadang meski terpaksa. Contohnya waktu catat pelajaran, bikin tugas,  nyusun TA, skripsi, dll.

Apa sih manfaat dari menulis itu? 
Kalau kata Sayyidina Ali bin Abi Thalib,

 “Ikatlah ilmu dengan menulis” 

Yah, biar ilmu yg kita dapat itu nggak lupa. Soalnya manusia itu kan makhluk yg paling gampang lupa. Kalau terima ilmu atau habis pelajaran nggak diikat dengan tulisan, ilmu yang kita dapat akan cepat hilang. Nahh, Biar ilmu kita nggak menguap dan misalkan kalau lupa masih bisa dibaca dan diingat lagi, makanya perlu nulis catetan.!

Lanjut deh, terus kenapa harus menulis? karena manusia itu makhluk sosial, perlu mengekspresikan diri dan berhubungan dengan dunia luar. Trus kenapa manusia perlu mengekspresikan diri? karena manusia normal itu kan perlu menyampaikan gagasan, pendapat dan idenya kepada orang lain.
Trus kenapa perlu menyampaikan gagasan ke orang lain?? Karena manusia itu perlu merefleksikan diri utk menjalani hidupnya dengan layak?? *tanya aja lagi?? Nihh, perhatikan Kata eyang Socrates kalau masih ngeyel  jg: 

 "Hidup yang tidak direfleksikan adalah hidup yang tak pernah layak untuk diteruskan", jadi mending mati aja! :P

Nah, inilah teman-teman yang mendasari saya, lebih tepatnya yang memaksa saya buat mulai menulis, ya meskipun perlu niat, komitmen dan kesabaran memang. Hehe.

Untuk saya pribadi, Kenapa saya mau menulis? karena saya ingin berbagi, baik itu gagasan , pendapat, pikiran atau pun pengalaman saya dengan orang lain. Setidaknya saya berusaha menjadi manusia  yang cukup berguna bagi orang lain

"Sebaik- baik manusia adalah manusia yang paling besar manfaatnya utk sesama"

begitulah pesan Baginda Rasulullah. Teruss klo kata pepatah,

"Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, nah kita manusia meninggalakan apaa?"

Yah salah satunya makanya perlu menulis. Biar abadi dan nggak dilupakan sejarah, hehehe.

Yang terakhir, intinya kita niatkan setiap tulisan kita itu dimanapun setidaknya bisa sedikit memberikan manfaat bagi yang baca, kalau pun berisi curhat atau apapun yang penting bukan berisi keluh kesah, seperti  yang lagi populer sekarang di jejaring sosial, baik facebook atau twitter yang seakan jadi “tempat ajang berkeluh kesah” . Hal itu, selain mengganggu yang baca juga menunjukkan begitu lemahnya kepribadian yang menulis, dan menunjukkan tidak bersyukurnya  akan nikmat yang di berikan Allah SWT kepadanya.

Sampaikanlah walau hanya satu ayat dan Sebaik-baik manusia yaitu manusia yang bermanfaat bagi orang lain. 

Semoga Istiqomah!

Salam


Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter