Social Icons

Pages

Friday, December 28, 2012

Ayo Tepat Waktu

Enak ya rasanya kalau setiap yang kita butuhkan itu tepat waktu datangnya. Misal, pas lagi  kena kanker alias kantong kering dan lagi butuh uang, ehh tiba-tiba aja rezeki dateng. Pas mau nyari kerja sampingan ehh ada yang nawarin. Pas lagi laper, ehh ada yang ngasih makanan. Dan intinya, kita manusia ingin semua apa yang kita butuhkan itu tepat waktu dan cepat datangnya. Tull ??!

Ahh tapi itu kejadiaanya kan sekali-kali aja. Malah yang sering itu, seperti kata pepatah “jauh panggang daripada api.” Nahhh???

“Mengapa ya jawaban doa kita seringkali kurang pas???”

“Mengapa rezeki yang dateng nggak sesuai dengan harapan???”

“Mengapa jodoh yang diharapkan tidak ketemu-ketemu juga???”

“Mengapa dapat pekerjaan yang nggak sesuai dengan  passion dan minat kita???”

“Mengapa keinginan kita tidak sesuai dengan apa yang diharapkan???”

Sah-sah saja memang sampai keluar pertanyaan seperti itu. Cuma sebelum terlontar  pertanyaan-pertanyaan di atas kiranya perlu juga kita pikirkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini,

Apakah selama ini kita sudah mengerjakan sholat dengan benar dan tepat waktu??!

Apakah selama ini kita sudah melaksanakan perintah-Nya dengan penuh antusias dan semangat??!

Apakah selama ini kita sudah mengamalkan shalat-shalat sunnah yang di anjurkan??!

Apakah selama ini kita sudah merelakan sedikit saja waktu tidur malam kita untuk-Nya??!

Apakah selama ini kita sudah bersedekah dan berbagi kesenangan dengan orang  yang kekurangan??!

Apakah selama ini kita sudah konsisten meninggalkan semua larangan dan menjauhkan diri dari hal yang subhaat??!

Kalau jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini lebih banyak belum-nya daripada iya-nya. Cuma sekali-kali dan lebih banyak jarangnya, dan baru dikerjakan kalau pas kita lagi mood dan pas lagi tidak sibuk aja. Ya pantaslah kalau doa-doa dan harapan kita juga seperti itu??!

Sebelum berharap sejuta keinginan dan doa kita terwujud menjadi kenyataan, mendingan kita bereskan dulu tugas-tugas kita. Kalau kita sudah benar melaksanakan kewajiban dan mengerjakan semua perintah-Nya, bukankah balasan itu akan datang sendiri tanpa kita perlu tanya lagi. Bukankan Allah swt juga telah menjanjikan dalam setiap perintah-Nya itu kita akan mendapatkan ganjaran. Bahkan seringkali balasannya berlipat-lipat. Dari sholat berjamaah saja kita mendapatkan ganjaran 27 derajat lebih tinggi dari sholat sendiri. Belum kalau sedekah dapat balasan 10 kali lipat. Belum kalau kita puasa, belum kalau kita dhuha, tahajud, belum kalau doanya di waktu yang utama, ramadhan dan sebagainya.

Bukankah melalui perintah-Nya ini Allah swt hendak memotivasi kita, bahwa untuk meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat utamanya, tidak akan diperoleh tanpa mengikutsertakan kehadiran—Nya dalam setiap langkah dan aktivitas kita.

Mari bersemangat mengerjakan tugas-tugas-Nya tepat waktu supaya balasan dari-Nya juga tepat waktu ! :D

Semoga menjadi pengingat dan perenungan  terutama buat penulis.

Salam.






Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter