Social Icons

Pages

Wednesday, December 26, 2012


Pohon pisang bagi kita mungkin sudah sangat tidak asing lagi. Pohon ini banyak tumbuh di mana-mana. Di setiap tempat di daerah mana pun di negeri ini, pohon ini telah banyak di manfaatkan dari buahnya yang lezat, daunnya, batangnya, sampai jantungnya juga bisa di olah. Bukan manfaat pohon ini yang mau saya bahas, akan tetapi ada pelajaran yang sangat indah kalau kita mau mengamati pohon ini dengan seksama.

Coba bandingkan pohon-pohon lain?? Setelah dilihat, pohon pisang ini ternyata memiliki satu keunikan. Apa itu??? Jika ia belum menghasilkan buah, meski di tebang berkali-kali akan tetap tumbuh. Sementara jika sudah pernah berbuah sekali saja, satu tebasan sudah cukup untuk membuat dirinya mati.

Seolah pohon pisang itu hendak mengajarkan dan mengingatkan kita,

 "Jangan pernah berputus asa, teruslah tumbuh. Jangan pernah sekalipun berhenti berjuang dan matilah  kamu jika telah menghasilkan buah dan bermanfaat bagi orang lain"

Sungguh luar biasa pelajaran yang diberikan dari sebatang pohon pisang ini saja. Ternyata motivasi tidak hanya didapatkan dari seorang motivator atau dengan membaca buku motivasi. Tetapi dari alam yang telah Allah swt ciptakan ini sesungguhnya menyimpan sejuta pelajaran berharga jika kita renungkan.

Allah swt telah meninggalkan jejak-jejak yang jika kita mau telusuri terkandung hikmah yang luar biasa. Jejak yang apabila kita pelajari akan membawa kita semakin paham dan semakin mendekat kepada-Nya. Daun yang berguguran, hujan yang turun, gelombang badai, tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung-gunung yang berdiri tegak, sungai-sugai yang mengalir, terbit dan tenggelamnya matahari, semua atas ijinnya dan telah diatur sedemikian rupa agar kita selalu berpikir karena terdapat hikmah yang banyak pelajaran di dalamnya.

"Afalaa tatafakkaruun... ".
Apakah kamu tidak berpikir? Teguran Allah swt kepada kita agar senantiasa membaca dan memikirkan akan tanda-tanda kekuasaan-Nya. 

Semoga kita termasuk orang yang beruntung yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari alam yang telah Dia ciptakan.

Sekian,

Semoga bermanfaat dan menjadi perenungan terutama buat penulis.
Salam :)

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter