Social Icons

Pages

Wednesday, November 14, 2012

Stop Mengeluh!


Salah satu sifat manusia yang paling jamak adalah sifat suka mengeluh. Entah itu berwujud perkataan, tindakan, atau sekarang lagi populer adalah ber socmed ria, di facebook, twitter dan sebagainya. Banyak sekali yang dijadikan alasan, baik itu karena nasib buruk, rezeki kurang, atau intinya hal yang diharapkan tidak sesuai dengan realita saat ini. Misalnya saja, waktu tinggal dikeramaian, ngeluh katanya bising sumpek, mau mencari ketenangan. Dipindah di daerah sepi. Ngeluh, koq sepii??? Waktu dikasih kesibukan katanya kerjaan nggak ada habis-habisnya. Waktu dikasih santai, ngeluh koq nggak ada kerjaan begini??? Keadaan disalah-salahkan. Bahkan cuaca juga tidak luput jadi korban. Waktu panas ngeluh minta hujan, dikasih hujan ngeluh minta panas. Dikasih hujan panas, malah dibilang hujan monyet!! Ehhh.. maunya apaa ini manusia??? Termasuk saya juga sih, hehe 

Kata-kata yang keluar dari mulut sesorang itu mempresentasikan isi didalamnya. Kalau dia suka mengeluh berarti menandakan betapa lemahnya mentalitas yang ada dalam dirinya. Lebih banyak hanya akan mencari pembenaran diri, dan selalu saja menyalahkan keadaan.

Padahal kalau dipikir dan direnungkan kembali, masalah itu muncul tidak lain dan tidak bukan karena pikiran kita sendiri. Ada pepatah bijak mengatakan :

“Kita  tidak akan pernah bisa merubah arah angin, yang dapat kita lakukan adalah mengubah arah sayap.”

Dengan kata lain...

'Realita' keadaan kita sekarang tidak akan berubah kecuali kita sendirilah yang mengubah 'sudut pandang' terhadap realita yang ada ! 

Seringkali orang memandang suatu hal tidak dari segi positifnya, melainkan dari sisi sebaliknya. Seolah keadaan yang membuat seperti itu, sehingga membuat dia menganggap hal itu adalah takdir dan tidak berani melakukan perubahan dalam hidupnya. Dia hanya menunggu, dan menunggu adanya perubahan tersebut. 

Menunggu bantuan orang lain, menunggu bantuan teman untuk mendapatkan pekerjaan yang enak, sampai menunggu warisan. Sekarang logikanya, jika memang hanya dengan menunggu perubahan itu akan datang, maka jumlah orang sukses seharusnya jauh lebih banyak.

Bukankah kenyatannya tidak demikian?

Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan? 

Berikut just sharing tips yang saya dapatkan dari penggerak bisnis online, anne ahira, yang rutin mengirim artikel motivasi ke email saya,

Ciptakan perubahan! 

Jangan selalu menunggu orang lain. 

1. Do your best, whatever happens will be for the best! 

    Lakukan dan selesaikan semua tugas dan pekerjaan semaksimal mungkin, bukan hanya terus menunggu dan berharap. Lakukan semuanya dengan tujuan untuk selalu mendapatkan hasil terbaik yang bisa kita capai.

2. Mulai buat jaringan seluas-luasnya. 

    Dengan banyak mengenal orang, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah. Seseorang yang kelihatannya sederhana bisa jadi menyimpan kedalaman ilmu yang tidak kita duga! Oleh sebab itu, alangkah bijaknya jika kita menjadikan 'setiap orang adalah guru' dan kehidupan ini adalah universitasnya.

3. Berusahalah selalu untuk bersikap proaktif. 

Sikap ini sangat diperlukan jika ingin mendapatkan kesempatan yang lebih luas dan cepat dalam berbagai macam hal !

4. Bersikaplah Fleksibel. 

Cobalah untuk memahami suatu hal dari berbagai sudut pandang. Jangan terpaku pada satu cara, yang bisa jadi tidak lagi relevan kita gunakan. Dengan bersikap fleksibel, wawasan kita akan semakin bertambah. Satu hal penting yang harus selalu diingat:
Kita-lah yang memutuskan untuk berubah. Kita-lah yang menentukan menjadi sukses, bukan orang lain!

Jika pilihan sukses tidak pernah kita ambil, maka orang lain akan mengambil pilihan tersebut. Dan, kita akhirnya hanya akan menyaksikan kesuksesan mereka, tanpa pernah merasakannya...

Sekian, Semoga Bermanfaat



Inspired by artikel anne ahira

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter