Social Icons

Pages

Friday, November 30, 2012

Plan of The Month


Sejenak setelah melihat kalender, ehh ternyata hari ini sudah di penghujung bulan. Tidak terasa rasanya baru kemarin datang ke tempat ini, masih ingat betul waktu itu masih tanggal muda, sekarang sudah tanggal tua aja. Hehe

Kalau biasa setiap hari menuliskan ‘pod’ alias ‘plan of the day’, maka di akhir bulan seperti ini saya akan membuat ‘pom’ alias ‘plan of the month’ alias rencana bulanan. Apaa ituu??? Seperti pod, kalau pod rencana kegiatan selama sehari, maka kalau ‘pom’ adalah rencana atau target yang harus dicapai selama sebulan.

Oh ya sekedar share aja, yang belum tau apa itu pod, mending baca dulu deh postingan yang saya buat beberapa minggu yang lalu ini. Nihh --> Plan Of The Day . Biar hidup kita jelas dan terarah setiap harinya.

Beberapa waktu lalu sewaktu bersih-bersih rumah, tidak sengaja saya menemukan white board bekas yang terdapat di gudang belakang. “Ahha, lumayan nih buat pajangan di kamar.” Pikir saya. Jadilah dengan white board bekas ini saya tuliskan semua jadwal kegiatan saya, dari mulai jadwal harian, jadwal/target pekanan, target bulanan, juga jadwal dinas, daftar belanja, bahkan sampai menu makanan juga tidak lupa saya tuliskan dan tertempel disitu. Hehehe

Membiasakan diri untuk disiplin dan hidup teratur. ”Keraslah terhadap dirimu sendiri, sebelum dunia ‘keras’ terhadapmu. Tanpa disiplin kita bisa terhempas karena kompetisi yang keras.  Sering dengar nasehat ini kan???

Kita lanjutkan, “ngapain sih sampe dituliskan begitu? Lebay banget dah!” *ceritanya ada yang komen

Nihh alasannya. Seringkali kita mengingat-ingat keinginan, ide, atau impian-impian kita di 
kepala. Ternyata itu sangat tidak efektif karena fungsi otak itu bukanlah untuk mengingat tetapi untuk berpikir. Terlalu banyak yang harus diingat, ini itu, belum masalah yang kita hadapi sehari-hari, akhirnya banyak yang hilang dan lupa. Akibatnya jadi tidak fokus dan hasilnya juga pasti jauh dari apa yang kita impikan atau cita-citakan.  Makanya rencana hidup itu harus dituliskan.

Seperti kata Rangga Umara dalam Bukunya “The Magic of Dream Book”,

“Buatlah rencana hidupmu sendiri atau  selamanya kamu akan jadi bagian dari rencana hidup orang lain”

Bagi yang punya masalah atau kesulitan memilih dan memutuskan dari beberapa pilihan. Coba saja tuliskan semua itu di secarik kertas. Buat perbandingan dan neraca, jika pilih A keuntungan dan kerugian serta resikonya ini dan ini, jika pilih B resiko yang akan dihadapi ini. Kita pasti akan sangat terbantu dan cepat mengambil keputusan. Dengan berbagai pertimbangan untung rugi, serta juga sudah siap akan resiko yang akan kita hadapi nantinya.

Bagi yang suka risau dan galau, coba saja tuliskan kegalauanmu itu berwujud tulisan, bisa puisi, cerpen atau lampiaskan saja berupa coretan. Yakin nanti pasti galaunya akan jauh berkurang.

Begitu juga impian-impian kita, target dan keinginan kita. Tuliskanlah dalam bentuk tulisan atau bisa juga berwujud gambar. Yang namanya manusia itu mudah labil, gampang lupa, dan sering pasang surut. Jika keinginan, ide atau impian tidak dituliskan dan sekedar dipikirkan saja, mungkin bagi sebagian kecil orang bisa tetapi kebanyakan orang akan sering surut dan lupa.

Dengan menuliskan itu semua, dengan sendirinya kita akan mudah mengakses informasi karena mau tidak mau akan kita lihat sepanjang hari. Dari bangun tidur dan sampai mau tidur lagi. Tentunya jika hal itu terus menerus dilakukan, akan tertanam dengan sendirinya di alam bawah sadar kita dan menjadi dorongan yang kuat untuk mewujudkan impian dan target hidup kita tersebut. Semakin sering kita mengisi dan mengupdate target atau impian-impian kita, pasti akan sangat membantu untuk memvisualisasikan apa yang menjadi tujuan hidup kita hingga menjadi lebih fokus dan powerfull energinya untuk mewujudkan menjadi kenyataan. 

Yang terakhir, semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan dan petunjuk jalan yang lurus bagi kita yang selalu berusaha melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas diri.


Sekian, semoga bermanfaat. Terutama menjadi lecutan untuk penulis sehingga menjadi lebih baik lagi

Salam 

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter