Social Icons

Pages

Monday, November 12, 2012

Hikmah Sakit



Akhir-akhir ini, tepatnya 2-3 hari ini tidak tau kenapa badan saya rasanya lemass, meriang, pusing, pilek, bawaannya pengen tiduran aja di kasur. Mau mengerjakan aktivitas atau pun sekedar jalan keluar rumah aja, malas sekali rasanya. Sakit kok datangnya nggak tepat waktu gini? Pas banget lagi, pas banyak kerjaan di rumah yang harus diberesi, kerjaan kantor yang juga harus diselesaikan. Pas tinggal di rumah sendiri lagi. Haduuhhh... nggak bisa apa ya, nanti aja sakitnya??? Sakit kok di atur-atur suruh tepat waktu?! hehe



Biasanya juga nurut-nurut aja kalau ajak kerja kemana-mana, jarang-jarang ngambek begini. Kenapa ini??? Sejenak saya merunut kebelakang.

Oh yaa, kemarin tidur aja nggak teratur, baru juga pindah belum adaptasi sama tempat baru udah begadang aja, kalo belum jam 12 nggak tidur. Jarang-jarang buat istirahat dan tidur siang. Malah keasyikan jalan-jalannya sampai malam, pakai hujan-hujan lagi. 

Panteslah...., badan kan bukan robot yang bisa di atur-atur kemana-mana, di ajak kerja terus-menerus, kadang juga ada capenya punya keterbatasan dan perlu istirahat.


Di ambil hikmahnya aja. Bukankan Rasulullah pernah mengatakan, sakit yang datang dalam tubuh seorang muslim itu bisa jadi penggugur dosa-dosa hamba-Nya. Righht??

Nahh, bagi yang saat ini sedang sakit, saya doakan semoga cepat sembuh. Yang penting itu sabar dan tabah. Jangan sampai mencela penyakit yang kita derita, seperti pesan Rasullullah.

“Janganlah kamu mencela sakitmu. Karena sesungguhnya sakit itu mengikis kesalahan anak cucu Adam sebagaimana bara api mengikis keburukan besi.” (HR. Muslim)

Bagi yang diberi nikmat sehat, ingat juga salah satu 5 pesan suri teladan kita yang sudah sering kita dengar, “...gunakanlah waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu...” Makanya ketika sehat harus banyak bersyukur yaitu dengan mengisi waktu yang kita punya dengan kegiatan yang positif.

Waktu itu adalah salah satu karunia yang sangat berharga yang diberikan kepada manusia. Hidup kita tidak lain adalah waktu itu sendiri. Kalau kita tidak berusaha mengisi waktu kita dengan kebaikan, itu artinya kemungkinan besar hidup kita juga akan terisi dengan keburukan. #kutipan

Kalau sudah sakit, kebanyakan dari kita baru menyadari betapa nikmatnya waktu sehat. Begitu banyak nikmat Allah yang selama ini lalai untuk ia syukuri. Mau kemana dan makan apa kalau badan sehat juga enak. Makanya, jagalah kesehatan! 

Kemudian hikmah sakit selanjutnya adalah sebagai pendidikan. Ketika seseorang sakit, apalagi sakit parah, ia akan memahami betapa mahalnya nilai kesehatan. Ia pun rela mengeluarkan segala yang ia miliki demi kesembuhan penyakitnya.

Kemudian hikmah sakit yang ketigasakit merupakan teguran atas kesombongan manusia. Ketika sehat, manusia terkadang bertingkah seolah-olah dialah yang paling gagah, paling berkuasa tidak ada yang bisa menghentikannya. Padahal kalau diberi sakit demam saja, paling cuma bisa terbujur tiduran di kasur, tidak bisa apa-apa.

Yang ke empat, ketika sakit, kita akan lebih peka bagaimana rasanya keadaan waktu sakit itu sendiri, perlu dihibur dan sebagainya. Makanya kalau kita dengar ada saudara kita yang sakit, kita bisa peka untuk menjenguk dan menghiburnya.

Alangkah mulianya Allah swt yang telah menciptakan segala sesuatunya tidak ada yang sia-sia. Hanya satu sakit yang Dia timpakan kepada manusia. Akan tetapi, begitu banyak kebaikan yang dikandungnya. Kebaikan bagi si sakit yang sabar, dan kebaikan bagi yang sehat untuk selalu bersyukur.

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari apapun yang diberikan-Nya.

Tetap semangat !!! :D

Labels

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

My Friends

My Twitter